Siklus Rambut Rontok dan obat rambut

Pada kehidupan normal, rambut mengalami tiga tahap pertumbuhan. Pertama, fase anagen yang berlangsung sekitar 3 - 5 tahun. Pada tahap ini rambut secara aktif tumbuh dan bertambah panjang.
Kedua fase katagen yang berlangsung antara 3 - 4 minggu. Pada tahap ini pertumbuhan sel-sel rambut secara perlahan mulai melambat sebelum akhirnya berhenti.
Ketiga, fase telogen yang berlangsung selama sekitar 3 - 4 bulan. Pada tahap ini folikel rambut mengecil dan bergerak lepas ke permukaan kulit kepala. Setelah melewati ketiga fase ini, rambut baru akan tumbuh lagi untuk menggantikan rambut rontok. Siklus pertumbuhan ini memakan waktu hingga 4 tahun, dan dapat berulang sebanyak 25 kali.
Masalahnya, tahap normal tadi tak mulus berlangsung. Ada saja kendalanya. Kulit kepala yang tidak sehat, berminyak, berketombe, hormon tubuh yang tidak stabil saat hamil atau setelah melahirkan, konsumsi obat-obatan tertentu (pil KB, terapi penggantian hormon), stres, dan terlalu banyak terpapar produk kosmetik rambut memicu terjadinya kerontokan rambut 'prematur' (terjadi sebelum waktunya). jadi anda harus mendapatkan obat rambut yang cocok dengan anda